Skip to main content

Monetisasi: Cara Kreator Untuk Bisa Mendapatkan Penghasilan

Monetisasi: Cara Kreator Untuk Bisa Mendapatkan Penghasilan, Simak di Sini!

Sumber: Accurate Online

Berita bisnis hari ini, monetisasi merupakan cara bagi seorang kreator untuk bisa mendapatkan penghasilan dari membuat dan memposting konten seperti video di YouTube. 

Selain itu, monetisasi pun bisa dilakukan pada akun lain misalnya blog, Instagram, dan Facebook. Monetisasi didasarkan pada interaksi antara empat pihak yaitu platform, pengiklan, pembuat, serta pemirsa. 

Nantinya pembayaran berasal dari pengiklan serta didistribusikan antara pemilik saluran dan platform YouTube untuk setiap interaksi antara pemirsa dengan materi iklan seperti klik, buka situs, dan tonton video. 

Khusus untuk monetisasi YouTube, terdapat beberapa karakteristik yang perlu dipahami pembuat konten. YouTube memiliki program monetisasi sendiri bagi seorang kreator, yang disebut dengan program Mitra YouTube. 

Untuk bisa memonetisasi akun YouTube, sebagai pembuat konten Anda perlu menjadi mitra YouTube yang terverifikasi terlebih dahulu. Lantas, bisakah Anda menonton video YouTube hasil karya sendiri untuk bisa mendapatkan 4000 jam tontonan? Anda jangan pernah lakukan itu !

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, monetisasi YouTube bisa dibagi menjadi empat metode penghasilan utama. Adapun keempat metode tersebut adalah sebagai berikut :

1. Iklan

Sumber: QWords.com

Biasanya YouTube menjalankan banyak iklan di platform miliknya yang ditampilkan dalam sebuah video yang dibuat oleh kreator yang bermitra, disebut juga sebagai penerbit iklan atau YouTuber. Nantinya keuntungan yang dihasilkan dari iklan tersebut yang didapatkan dari pengiklan, kemudian akan dibagi dua yaitu untuk pembuat konten video yang memiliki saluran dan YouTube. 

2. Penjualan Barang Dagangan

Sumber: IDCloudHost

Meski fitur Penjualan Barang Dagangan ini tidak sepenuhnya diluncurkan di semua negara oleh YouTube, namun ini merupakan salah satu metode lain yang tersedia bagi pembuat konten YouTube untuk menghasilkan. 
Untuk bisa menikmati fitur ini, pembuat konten diizinkan untuk mengunggah barang dagangan mereka dengan merek resmi miliknya untuk dibeli oleh pengguna YouTube lainnya. Penghasilan disini pun akan dibagi dua yaitu untuk pembuatnya dan YouTube. 

3. Langganan

Sumber: Vecteezy

Kemudian YouTube pun memiliki layanan YouTube bebas iklan dimana Anda sebagai pengguna bisa menikmati streaming video tanpa terganggu iklan. Layanan premium dari YouTube ini memiliki biaya yang melekat padanya. Karena itu, YouTube akan mendapatkan penghasilan dari berlangganan pengguna ini serta nantinya pendapatan dibagikan kepada pembuat konten sesuai dengan jumlah pelanggan yang menonton video buatan mereka di paket premium. 

4. Tombol Terima Kasih

Sumber: PNGEgg

Tombol Terima Kasih merupakan cara baru yang ditemukan oleh YouTube untuk memonetisasi saluran. Fitur ini terdiri dari tombol yang terletak disebelah tombol Bagikan, dimana pemirsa bisa menyumbangkan sejumlah uang, sebagai ucapan terima kasih kepada para pembuat konten. 

Perlu dicatat, jika ingin melakukan monetisasi di YouTube, channel Anda perlu mematuhi Kebijakan monetisasi YouTube. Kebijakan tersebut mencakup Pedoman Komunitas, Persyaratan Layanan, serta Hak Cipta YouTube dan kebijakan Program Google AdSense. Kebijakan tersebut berlaku bagi siapa saja yang sudah tergabung dalam ataupun yang ingin mendaftar ke Program Partner YouTube atau siapa saja yang menerima bonus Shorts dari Pendanaan YouTube Shorts.

Contohnya, jika Anda ingin memonetisasi sebuah video dengan iklan, maka video tersebut pun wajib mematuhi Pedoman konten yang cocok untuk pengiklan. Pastikan Anda membaca dengan cermat setiap kebijakannya, karena kebijakan – kebijakan tersebut digunakan untuk memastikan kelayakan suatu channel untuk melakukan monetisasi. Pihak YouTube akan melakukan peninjauan secara rutin untuk memastikan apakah channel yang melakukan monetisasi sudah mematuhi kebijakan tersebut atau tidak.


Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang