Skip to main content

Cara Menghitung Harga Wajar Saham dan Pengertiannya

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Pengertian Liquiditas, Dividen dan BVPS. Simak di Sini!

Sumber: Abisgajian.id

Cara menghitung harga wajar saham secara spesifik bisa dilakukan dengan berbagai jenis perhitungan. Menghitung saham juga merupakan suatu langkah untuk mengetahui imbal hasil yang didapatkan. Saham sendiri merupakan bagian dari instrument pasar modal yang bisa dibeli dan dijual kembali. Berikut Cara Menghitung Harga Wajar Saham Pengertian Liquiditas, Dividen dan BVPS antara lain :

Pengertian lembar saham

Sumber: Investasi Kontan

Lembar saham merupakan bagian dari contoh kepemilikan saham. Pada dasarnya saham sendiri berwujud lembar dan memiliki nilai harga yang beragam. Lembar saham ini juga bisa dimiliki dengan cara membeli saham di salah satu perusahaan yang dirasa sesuai dengan keinginan. Ketika membeli saham maka Anda juga akan memiliki peranan penting yakni sebagai investor yang menanamkan modalnya di perusahaan. 

Baca juga: Ini Dia 5 Film Kontroversial Indonesia yang Bertemakan Islami

Pengertian lot saham

Sumber: Lifepal

Pada saat membeli suatu saham, maka Anda juga akan dipertemukan dengan lot. Sistem ini menjadi satuan resmi yang sudah ditetapkan secara langsung oleh Bursa Efek Indonesia sehingga setiap transaksi jual beli akan menggunakan lot ini. Dalam sebuah aturan yang berlaku, 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Sebelum peraturan yang baru ini berlaku, pada tahun 2014 1 lot ini masih bernilai 500 lembar. Namun, karena perubahan peraturan maka 1 lot berubah menjadi 100 lembar saham. Kebijakan ini masih bisa berubah tergantung dari kebijakan BEI. Anda bisa memiliki saham dalam jumlah satuan lot.

Pengertian BVPS

Sumber: Akseleran

Didalam dunia investasi, BVPS sendiri merupakan suatu ratio yang berfungsi sebagai perbandingan suatu saham. Hal ini ditentukan berdasarkan equitas pemegang saham dengan jumlah saham yang beredar. Nilai buku per lembar ini memiliki nilai equitasnya masing – masing sehingga semua ini tergantung dari jenis saham yang ingin dimiliki. 

Kegunaan BVPS

Pada dasarnya BVPS sendiri memiliki kegunaan. Fungsinya digunakan sebagai pembanding dari nilai suatu saham di pasar bebas. dalam menghitung suatu harga juga memiliki berbagai pertimbangan baik dari sisi liquiditas hingga harga dividennya.

Perhitungan BVPS

Sumber: InvestBro

Adapun cara untuk menghitung nilai BVPS yakni seperti ini. PT Amerta telah mengedarkan saham yang memiliki nilai asset 1 milyar. Perusahaan sendiri juga memiliki hutang yang senilai 100 juta. Saham yang telah diedarkan kepada public berjumlah 5 juta lembar. Untuk harga bursa sahamnya sendiri sudah mencapai nilai 600/lembar. Nilai bvps yakni (Aset – Hutang) / Total Saham Beredar maka akan terhitung (1.000.000.000 – 100.000.000) / 5.000.000 = Rp180,-

Pengertian nilai liquiditas

Sumber: InvestBro

Ketika sedang menanam saham maka Anda akan mendengar istilah liquiditas. Pada dasarnya pengertian dari nilai liquiditas ini sendiri adalah suatu pengukuran tentang mampu tidaknya suatu perusahaan membayar hutangnya. Terdapat beberapa jenis hutang baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Apabila terdapat nilai liquiditasi yang tinggi berate perusahaan tersebut dipastikan mampu membayar hutangnya. 

Pengertian hak dividen

Sumber: Gramedia.com

Dividen sendiri merupakan bagian dari hak daripada investor yang sudah menanamkan modalnya di perusahaan terkait. Pada saat suatu perusahaan memiliki nilai keuntungan, maka perusahaan perlu untuk membagikan dividen kepada investor. Adapun dividen sendiri juga memiliki jenis – jenis yang perlu untuk diketahui. Beberapa jenis dari dividen ini meliputi dividen tunai, dividen saham, dividen property, dividen liquidasi, hingga dividen janji hutang. Dividen sendiri juga bisa dihitung sehingga Anda bisa mengetahui perolehannya.

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Pengertian Liquiditas, Dividen dan BVPS dapat diketahui berdasar nilai dan fungsinya. Anda bisa memiliki saham dengan membelinya di perusahaan tertentu.

Baca juga: Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia adalah Papua

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang