Skip to main content

Cara Membuat NPWP Pribadi Secara Online yang Praktis


Sebagai warga negara yang baik kamu harus memiliki NPWP untuk melaporkan pajak kamu. Membuat NPWP ternyata sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

Nah, buat kamu yang belum tau bagaimana membuat NPWP pribadi secara online. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

  1. Pengertian NPWP

Sebelum membahas cara membuat NPWP pribadi secara online. Kamu harus paham terlebih dahulu tentang NPWP. NPWP kepanjangan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yaitu nomor yang diberikan kepada para wajib pajak yang nantinya digunakan dalam administrasi perpajakan.

NPWP merupakan tanda pengenal diri wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban dan haknya dalam urusan perpajakan. NPWP harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia baik secara pribadi ataupun badan atau lembaga.

Selain menjadi persyaratan dalam membayar pajak, NPWP pun dijadikan persyaratan dalam pelayanan umum lainnya seperti membuat paspor, pengajuan kredit, dan lainnya.

Para wajib pajak yang belum mendaftarkan diri untuk membuat NPWP akan mendapatkan sanksi sesuai dengan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

  1. Cara Membuat NPWP Pribadi Secara Online

Dewasa ini membuat NPWP pribadi dapat dilakukan dengan lebih mudah yaitu dengan melakukannya secara online atau NPWP elektronik.  NPWP elektronik sendiri terlahir untuk mempermudah para wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya, dan membuat NPWP menjadi lebih aman dan tidak mudah rusak ataupun hilang.

Hal yang perlu kamu garis bawahi NPWP elektronik merupakan layanan tambahan, kartu fisik NPWP merupakan sarana utama membayar pajak bagi wajib pajak.

Nah, buat kamu yang tidak ada waktu keluar rumah. Kamu bisa banget nih membuat NPWP pribadi secara online, berikut dibawah ini cara-caranya:

  1. Buka Situs Resmi Dirjen Pajak

Cara membuat NPWP Pribadi secara online yang pertama yaitu masuk ke laman resmi Dirjen Pajak yaitu di www.pajak.go.id atau ereg.pajak.go.id/login. Kemudian pilih  menu sistem e-Registration.

  1. Daftar Akun

Setelah masuk ke menu e-Registration kemudian kamu harus membuat akun dengan cara klik ‘daftar’. Kemudian kamu mengisi kolom pendaftaran seperti nama, email, kata sandi, lalu dilanjutkan dengan klik ‘save’.

  1. Aktivasi Akun

Cara membuat NPWP pribadi online berikutnya yaitu melakukan aktivasi akun. Kamu harus mengecek kotak masuk email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun tadi. 

Buka email kamu kemudian cari kotak masuk dari dirjen pajak dan ikuti petunjuk dari email tersebut untuk melakukan aktivasi.

  1. Isi Formulir Pendaftaran

Kemudian setelah aktivasi akun berhasil. Kamu kembali masuk ke laman dirjen pajak dan masuk ke menu sistem e-registration lalu masukan email dan kata sandi yang kamu buat sebelumnya.

Atau singkatnya kamu bisa klik link yang terdapat di email aktivasi kedua dari Dirjen Pajak. Setelah berhasil login kam akan memasuki halaman Registrasi Data WP.

Di formulir tersebut kamu harus mengisi seluruh data dengan benar. Terdapat 10 langkah yang harus kamu isi secara online.

Isi semua formulet tersebut denagn benar dan teliliti. Jika data yang kamu isikan sudah betul maka akan muncul surat keterangan terdaftar sementara.

  1. Kirim Formulir Pendaftaran

Langkah selanjutnya yaitu klik tombol daftar untuk mengirim formulir registrasi wajib pajak secara online ke kantor pelayanan pajak tempat wajib pajak terdaftar.

  1. Print

Kemudian kamu harus print seluruh dokumen yang muncul di layar komputer kamu yaitu Formulir Registrasi Wajib Pajak, dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara.

  1. Tanda Tangan dan Lengkapi Dokumen

Setelah di cetak formulir registrasi wajib pajak tersebut harus kamu tandatangani, dan disatukan dengan berkas kelengkapan lainnya yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

  1. Kirim Formulir Registrasi Wajib Pajak ke KPP

Setelah berkas lainya sudah siap, kamu harus mengirimkan formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan terdaftar sementara yang sudah kamu tandatangani serta dokumen lainnya untuk dikirim ke KPP tempat kamu Wajib Pajak Terdaftar.

Kamu bisa mengirimkannya secara langsung atau menggunakan POS yang sudah terdaftar. Pengiriman dokumen harus segera dikirimkan maksimal 14 hari setelah dokumen dikirim secara elektronik.

Berkas tersebut dapat diserahkan langsung ke KPP atau melalui Pos Tercatat. Pengiriman dokumen ini harus dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim secara elektronik.

  1. Tunggu Kiriman Kartu NPWP

Setelah kamu mengirim berkas tersebut kamu dapat mengecek statusnya di aplikasi e-Registration. Jika ditolak artinya ada beberapa data yang belum lengkap. Jika disetujui kamu akan mendapatkan kartu NPWP elektronik yang akan dikirim ke alamat kamu melalui Pos.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kredit BCA Supaya Diterima

Sumber: https://beritakubaru.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang