Tuesday, 13 September 2022

5 Perusahaan FMCG Terbaik di Indonesia


5 Perusahaan FMCG Terbaik di Indonesia


 

Fast Moving Consumer Goods atau FMCG adalah istilah yang digunakan untuk berbagai produk yang terjangkau/murah dan dapat dijual dengan cepat. Misalnya, sebagai produk yang ditujukan untuk konsumsi rumah tangga, biasanya ukuran berapa lama disimpan juga sedikit bertahan. Contoh produk rumah tangga  FMCG  seperti kosmetik, obat-obatan, minuman atau makanan ringan, perlengkapan mandi, dll. 

Adapun istilah FMCG, tidak semua negara di dunia mengetahuinya, karena hanya negara-negara tertentu saja. Namun meski begitu, FMCG umumnya digunakan di Asia, Eropa, dan Oseania. Bagaimana dengan Amerika? Jika Anda berada di AS, biasanya tidak menggunakan istilah FMCG tetapi menggunakan istilah lain, seperti Consumer Packaged Goods (CPG). Berikut perusahaan FMCG terbaik yang ada di Indonesia:

  1. Indofood 

FBCG

Indofood sendiri di Indonesia  sudah memiliki nama yang sangat terkenal berkat produk mie instan Indomie-nya. Berkat brand Indomie, perusahaan Indofood kini berhasil dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain di Asia, Eropa, dan negara  lainnya. 

Meskipun kebanyakan orang mengenal Indofood sebagai perusahaan yang memproduksi mie instan, pada kenyataannya Indofood tidak hanya memproduksi mie instan. Ada  jenis produk lain seperti sirup, produk  susu, perasa, makanan ringan dan makanan bayi. 

  1. Procter and Gamble (P&G) 

Procter and Gamble (P&G)

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan perusahaan  bernama Procter and Gamble atau yang biasa disebut dengan PandG, ya. PandG adalah  perusahaan multinasional  Amerika  yang didirikan pada tahun 1837 oleh William Procter dan James Gamble. 

Perusahaan ini lebih fokus pada produksi berbagai produk perawatan kesehatan dan  kebersihan pribadi. Produk-produk tersebut juga terbagi dalam beberapa kategori yaitu  kosmetik, home, baby dan perlengkapan rumah tangga. 

  1. Wings Indonesia 

Wings

Wings Indonesia, seperti halnya Indofood, juga dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi mi instan dengan merek Mie Sedaap. Wings adalah perusahaan FMCG yang bisa dibilang sepopuler Indofood. Salah satu kategori produk  Wings Indonesia yang paling dikenal  masyarakat adalah sampo. 

Namun sebenarnya tidak hanya itu karena Wings Indonesia juga menyediakan banyak produk FMCG lainnya seperti minuman, bumbu masak seperti kecap manis, sabun mandi, sabun cuci bahkan makanan. 

  1. Kapal Api Global 

Kapal api Global


Merek kopi di Indonesia sangat banyak, bahkan setiap daerah memiliki merek kopinya masing-masing. Tapi kalau ditanya  kopi instan kemasan apa yang paling sering mereka beli, jawabannya pasti Kapal Api. 

Kopi tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Indonesia, bahkan bagi sebagian orang setiap pagi akan merasa lebih bersemangat jika menikmati secangkir kopi panas. Tidak hanya digunakan sebagai merek kopi, Kapal Api juga digunakan sebagai nama perusahaan, Kapal Api Global. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1979, memulai perjalanannya di Sidoarjo dan seiring  berjalannya waktu telah berkembang menjadi perusahaan FMCG besar di Indonesia. 

  1. Unilever Indonesia 

Unilever


Jika membicarakan perusahaan FMCG besar di Indonesia, tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan perusahaan yang satu ini, yaitu Unilever. Unilever dikenal sebagai raksasa perdagangan di Indonesia, sebenarnya tidak hanya di Indonesia karena Unilever juga merupakan raksasa dalam bidang perdagangan internasional. 

Anda dapat dengan mudah menemukan produk  perusahaan Unilever di berbagai tempat, mulai dari toko kelontong, toko serba ada, supermarket, dll. Ada berbagai jenis produk Unilever, mulai dari Royco, Pepsodent, Lux Soap, Lifebuoy soap, Sunlight, Sunsilk, Rinso dan masih banyak lagi. 

 Bisnis ini akhirnya berkembang sangat pesat selama Perang Dunia Pertama dan Kedua (Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2). Produk yang diproduksi NestlĂ© adalah air mineral dalam kemasan, sereal, kopi, teh,  makanan beku, susu pasteurisasi, makanan ringan, dan makanan hewan peliharaan.

Inilah beberapa perusahaan FMCG di Indonesia yang bisa Anda ketahui, semoga informasi ini bisa memberi manfaat untuk Anda semua.

Baca juga: Sambutan Kehadiran Fortune Indonesia di Tanah Air

No comments:

Post a Comment