5 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Cepat dan Ampuh

cara-menghilangkan-flek-hitam

Suanetizen.com - Meskipun ada banyak cara alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah, kenyataannya hanya sedikit orang yang lebih memilih cara cepat sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah. Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara cepat pada beberapa kasus memang sangat manjur dengan obat obatan atau prosedur medis.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit ketika anda akan menggunakan produk perawatan kulit wajah untuk menghilangkan flek hitam. 

Hal ini memungkinkan dokter Anda membuat rekomendasi yang tepat sesuai dengan penyebab dan kondisi flek hitam yang Anda alami. Berikut beberapa cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah yang biasa direkomendasikan oleh dokter.

Beberapa Cara Menghilangkan Flek Hitam

1. Krim Pencerah Wajah

Salah satu cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah yang direkomendasikan oleh dokter adalah dengan menggunakan krim wajah. Anda bisa mengaplikasikannya untuk meringankan flek hitam pada wajah yang membandel.

Krim pencerah ini mungkin didasarkan pada hidrokuinon, asam alfa hidroksi (AHA), vitamin C, retinoid, asam azelaat, atau sistein, namun, penggunaan krim pencerah ini mungkin memiliki efek samping.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan antara lain kulit kering, warna kulit berbeda di beberapa tempat, peradangan, rasa terbakar, iritasi kulit, pengelupasan kulit, kulit sensitif, dan ruam. Jika pengaplikasian krim pencerah pada wajah bisa menimbulkan efek samping, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit yang tidak biasa.

2. Produk yang Mengandung Retinol

Produk perawatan kulit yang mengandung retinol bisa menjadi cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Selain retinol, produk perawatan kulit ini biasanya juga mengandung AHA yang bagus untuk mempercepat regenerasi dan pengelupasan sel kulit sehingga menjadikan kulit lebih sehat.

Jika Anda mengikuti cara menghilangkan flek hitam di wajah ini, Anda akan merasakan efeknya selama beberapa bulan ke depan. Pastikan Anda menggunakan tabir surya setiap hari saat menggunakan produk perawatan kulit retinol.

3. Chemical Peeling

Cara cepat menghilangkan flek hitam membandel di wajah adalah dengan chemical peel. Dalam perawatan ini, dokter kulit akan menggunakan larutan kimia asam glikolat atau asam trikloroasetat. Larutan tersebut untuk mengelupas area kulit wajah dengan flek hitam untuk kesehatan kulit. 

Namun, prosedur medis ini tidak menghindari efek samping. Beberapa efek samping chemical peeling antara lain kemerahan, kulit perih, kulit mengelupas, iritasi, pengelupasan kulit, dan bengkak.

Baca juga: 5 Produk Eksfoliasi untuk Kulit Kering

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur kosmetik non bedah yang bertujuan untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit secara keseluruhan.Mikrodermabrasi digunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, keriput, garis halus, flek hitam pada wajah, flek, bekas jerawat, dan kondisi kulit lainnya.

5. Perawatan Laser

Cara menghilangkan flek hitam di wajah juga bisa dilakukan dengan bantuan laser. Ini bekerja dengan mengaplikasikan sinar laser ke area wajah yang terdapat bekas jerawat. Orang yang saat ini menggunakan krim wajah tertentu harus memberi tahu dokter kulit mereka terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki riwayat luka dingin, Anda mungkin perlu minum obat antivirus sebelum operasi laser. Efek samping dari perawatan laser ini antara lain pengelupasan kulit, kemerahan, gatal, perubahan warna, infeksi, kulit bengkak, dan kulit bersisik.

6. Cryosurgery

Tidak seperti perawatan laser, cryosurgery membekukan area wajah yang memiliki flek hitam dengan nitrogen cair untuk menghancurkan sel kulit. Efek samping dari cara menghilangkan flek hitam  yang satu ini mungkin dialami selama prosedur ini termasuk ruam, pigmentasi kulit menurun, dan perdarahan.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Inilah 5 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik dan Keren

12 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda Supaya Tetap Terjaga Dan Lancar