Berita Nusantara Terkini Covid-19

berita-terkini-covid-19
Ilustrasi Virus Covid-19

suanetizen.com - Berita Nusantara terkini masih diwarnai dengan kondisi beberapa daerah akibat pandemi Covid-19. Kasus pandemi yang ada di negeri ini belum usai dan sekarang semakin bertambah dengan hadirnya ancaman dari varian virus yang baru. Hal ini berawal dari terungkapnya 10 WNI yang diketahui terpapar varian virus yang baru berkaitan dengan masa pandemi ini. Tentu hal ini semakin meresahkan warga karena info yang masih belum jelas mengenai varian baru dari infeksi virus tersebut. Namun Menteri kesehatan yaitu Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa varian virus baru yang berasal dari India tersebut kini telah tersebar di Indonesia. Hingga saat ini sudah ada 10 WNI yang terpapar infeksi virus tersebut dan 6 diantaranya berasal dari luar negeri.


Kondisi WNI di India

Sementara di India terdapat 750 WNI yang bekerja dan sekolah disana. WNI ini tersebar di 18 negara bagian yang ada di India. Untuk terus memantau kondisinya maka KBRI terus membangun komunikasi dengan mereka dengan menggunakan media whatsapp group serta zoom. Melalui hal ini maka diharapkan agar pemantauan terhadap WNI yang ada di India bisa terus dilakukan sehingga kondisi WNI ini selalu dapat dimonitor oleh pihak KBRI. Untuk itu pihak KBRI juga terus memberikan informasi dan himbauan kepada WNI di India. Saat ini berdasarkan hasil laporan diketahui bahwa sebanyak 29 WNI disana positif terpapar virus corona dan sedang menjalani isolasi mandiri. 


Baca Juga: Inflasi Jelang Lebaran 2021 dan Cara Menyikapinya


Kedatangan Warga India Positif Covid-19 di Indonesia

Sementara kondisi di India saat ini seolah diwarnai dengan kekhawatiran dan ketakutan akan infeksi virus. Hal ini dinyatakan oleh Hanafi yang merupakan pelaksana fungsi penerangan sosial dan budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia di New Delhi. Angka warga yang terpapar Covid-19 tengah naik sehingga warga masyarakat tentunya merasa takut dengan kondisi ini. Demikian pula dengan WNI yang tentunya juga merasa takut dengan paparan infeksi Covid-19 dari India. Padahal menurut Menteri Kesehatan rupanya dari 117 warga negara India yang datang ke Indonesia terkonfirmasi bahwa sebanyak 12 orang diantaranya positif Covid-19. Berita mengenai paparan infeksi virus ini juga diwarnai dengan adanya dugaan suap dari seorang WNI yang baru tiba dari India kepada dua orang oknum di Bandara Soekarno-Hatta. Namun mereka telah ditangkap oleh pihak kepolisian. 


Upaya Pemerintah RI Dalam Menangani Covid-19

Pemerintah Indonesia tentu saja tidak tinggal diam dalam menyikapi penyebaran virus Covid-19 termasuk pula dalam menanggapi varian baru yang berasal dari India. Untuk mengatasi hal ini maka pemerintah melakukan pembatasan mobilitas nasional dan internasional yang akan masuk ke Indonesia. Di samping itu WNI diimbau agar menunda kepulangannya jika memang tidak ada kebutuhan yang tidak mendesak. Pemerintah juga menerapkan prosedur screening dan karantina tepatnya di pintu perbatasan. Kebijakan juga dilakukan dengan adanya penolakan kunjungan orang asing yang memiliki riwayat perjalanan di India dalam 14 hari terakhir serta penangguhan sementara untuk pemberian visa untuk WNA asal India. 


Berita Nusantara terkini yang mengulas tentang kondisi Covid-19 di negeri ini memang cukup memprihatinkan. Untuk itu warga diharapkan agar tetap mengurung diri di rumah agar tidak sampai terpapar dan tertular infeksi tersebut. Dalam hal ini warga bisa belajar dari tingginya kasus infeksi di India. Angka tertular yang cukup tinggi di India antara lain disebabkan oleh kurangnya hati-hati oleh warga sehingga bisa terpapar infeksi. 

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

12 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda Supaya Tetap Terjaga Dan Lancar

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik dan Keren