Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com - Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya. 

Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut. 

Tips menyimpan daging rendang padang agar tahan lama

Meski dikenal sebagai kuliner yang mempunyai daya simpan cukup lama, namun Anda juga harus benar-benar menegtahui cara penyimpanan yang tepat. Masa simpan rendang juga bergantung pada wadah penyimpanannya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan rendang agar rasanya tetap enak dan tidak mudah basi.

  1. Menyimpan pada suhu ruang

Tidak semua rumah memiliki mesin pendingin, sehingga tak dapat mneyimpan rendang pada suhu dingin. Tapi tenang saja, pada suhu ruang, rendang padang masih bisa bertahan meski hanya dalam waktu 3-4 hari. Letakkan pada wadah bersih dan tertutup. Atau sebaiknya rendang dimasak dengan benar-benar kering sehingga bisa awet hingga waktu 1 minggu lamanya. 

  1. Menyimpan di kulkas

Jika Anda hendak menyimpan rendang padang di kulkas, bukan pada bagian freezernya, maka letakkan rendang pada wadah yang tertutup rapat. Penyimpanan ini dapat membuat rendang tahan hingga berhari-hari. Hal ini dilakukan agar rendang terhindar dari aroma makanan lainnya. Hal ini dapat mempengaruhi bau dan citarasa rendang tentu saja. 

  1. Menyimpan rendang di freezer

Jika Anda ingin mengkonsumsi rendang padang pada waktu yang lebih lama, maka menyimpannya di freezer adalah pilihan yang tepat. Berbeda dengan meletakkannya di kulkas, dengan Anda menyimpan di freezer umur simpan rendang bisa lebih lama. Bahkan bisa bertahan hingga berminggu-minggu lamanya. 

  1. Mengolah rendang dengan olahan kering

Ada dua macam rendang yaitu rendang kering dan rendang basah. Dari segi rasa memang tidak terlalu signifikan diantara keduanya. Hanya saja, rendang basah lebih berminyak dibandingkan rendang kering. Apabila Anda ingin menyimpan rendang dalam waktu yang lebih lama, maka rendang kering adalah pilihan paling tepat. Rendang kering cenderung lebih tahan lama sehingga dapat menjadi stok makanan jika malas memasak.

  1. Jangan menyimpan rendang panas di wadah tertutup

Jika Anda hendak menyimpan rendang padang, sebaiknya pastikan jika rendang Anda sudah betul-betul dingin. Jangan memasukkan rendang yang masih panas dari wajan atau masih hangat, ke dalam wadah yang tertutup. Hal ini dapat menjadikan rendang jadi lebih mudah basi. Tentunya menurunkan kualitas rendang tersebut sebelum Anda konsumsi. 

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan rendang padang yang nikmat. Anda kini tak perlu lagi khawatir memasak rendang dalam jumlah banyak, karena bisa menyimpannya sebagai stok makanan di hari berikutnya. 

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

Bingung Mau Main Apa? Cek 10 Game Online PC Ringan Berikut

4 Meme Lucu Dengan Bernuansakan Hujan