Skip to main content

Penjelasan Rukun Islam dan Pentingnya Mengamalkan Bagi Muslim

Penjelasan Rukun Islam dan Pentingnya Mengamalkan Bagi Muslim, Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Wisatanabawi

Rukun Islam merupakan salah satu rukun yang selalu diamalkan oleh umat Islam. Dalam Islam, terdapat 5 rukun Islam yang wajib diamalkan setiap harinya.

Rukun dalam Islam ini sering diajarkan oleh guru, orang tua hingga guru mengaji sejak dini. Hal ini dimaksudkan supaya rukun-rukun dalam Islam tersebut diamalkan sejak kecil. Berikut ini adalah rukun Islam dan pentingnya mengamalkan rukun dalam Islam tersebut.

Amalan Wajib Rukun Islam

Syahadat

Sumber: Dakwatuna

Sebagai umat beragama Islam, ada beberapa amalan yang wajib diamalkan dan tercantum dalam rukun dalam Islam. Rukun-rukun tersebut juga dilandaskan dan diperkuat dengan adanya sabda dari Rasulullah Muhammad SAW.

Rukun pertama yaitu membaca syahadat dua kalimat. Kalimat syahadat adalah kalmat yang wajib diucapkan oleh seseorang yang baru masuk kedalam agama Islam maupun orang yang sudah memeluk agama Islam lama. 

Syahadat berbunyi
“Asyhadu an-laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah”
Kalimat ini berarti bahwa “Saya bersaksi tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Shalat

Sumber: DetikNews

Selain membaca kalimat syahadat, amalan yang senantiasa dilakukan setiap hari oleh umat Islam yaitu Shalat. Shalat merupakan tiang agama seseorang dan shalat bersifat wajib untuk dilakukan. 

Shalat merupakan suatau amalan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Shalat dilaksanakan lima kali dalam sehari, mulai dari Subuh, Dhuhur, Ashar, maghrib dan Isya.

Zakat

Sumber: DetikNews

Amalan wajib lainnya yang harus dilakukan oleh seorang Muslim yaitu melaksanakan zakat. Zakat merupakan salah satu cara untuk mensucikan diri dan harta yang dimiliki dengan membagikannya kepada orang yang tidak mampu.

Zakat diwajibkan bagi umat Muslim yang mampu. Zakat juga dibagi menjadi dua yaitu zakat fitrah yang hukumnya wajib dilakukan oleh umat Muslim yang mampu, serta zakat Mal yang juga wajib dilakukan.

Tujuan diadakannya zakat yaitu untuk mnegurangi kemiskinan serta membantu orang-orang yang kurang mampu. Zakat dilakukan dengan batas waktu tertentu seperti zakat fitrah yang dilaksanakan pada akhir bulan Ramadhan.

Puasa

Sumber: Halodoc

Rukun Islam yang keempat yaitu melaksanakan puasa. Puasa terbagi menjadi dua yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa yang wajib dilakukan yaitu puasa Ramadhan, sedangkan puasa yang sunnah untuk dilakukan yaitu seperti puasa pada hari Senin-Kamis.

Hal ini juga tercantum dalam firman Allah pada surat Al-Baqarah:43 yang berarti:
“Dan dirikanlah shalat, serta tunaikkan zakat, dan ruku’lah bersama dengan orang-orang yang ruku’” (Al Baqarah:43)

Haji

Sumber: Bogor Today

Rukun Islam yang terakhir yaitu menunaikan Haji. Haji merupakan salah satu kegiatan mengunjungi Mekkah dan melaksanakan ibadah disana. Kegiatan yang satu ini bisa ditunaikan bisa tidak yang artinya tidak bersifat wajib.

Namun, bagi orang-orang yang mampu, menunaikan ibadah Haji merupakan hal yang wajib dilakukan. Haji bisa dilakukan sekali dalam hidup bagi seorang Muslim yang memiliki kondisi fisik serta finansial yang mendukung.

Hal ini juga tertuang dalam firman Allah pada surah Al-Imran ayat 97 yang berarti:
“…mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (Ali-Imran:97)

Rukun Islam merupakan rukun-rukun yang ada di dalam agama Islam serta wajib dilaksanakan oleh seorang Muslim. Rukun Islam bisa menjadi salah satu fondasi dalam keimanan seseorang sehingga dengan melaksanakannya, seorang Muslim bisa mendapatkan pahala besar. 



Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang