Skip to main content

Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal Beserta Artinya

 

Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal Beserta Artinya, Simak di Sini!

Sumber: BBC

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa semua takdir makhluk hidup itu ditentukan oleh Allah SWT. Begitu juga dengan takdir manusia, mulai dari status sosial, jodoh, rezeki, karir, hingga kematian. Ketika ada seorang Muslim yang meninggal, biasanya kita akan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun (Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan semuanya akan kembali kepada Allah).

Bukan hanya itu, kita juga dianjurkan memanjatkan doa untuk orang meninggal. Lantas, bagaimanakah bacaan doa bagi orang yang meninggal? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Doa Untuk Jenazah Laki-laki

Sumber: Kompas.com

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafi-hi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzullahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqihi minal khotohoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyyadho minad danaas, wa badilhu daaron khoiron min daarihi, wa ahlan khoirim min ahlihi, wa zawjan khoriom min zawjihi, wa adkhilkul jannata, wa a’idzhu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburnya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.” (HR. Muslim). 

Doa tersebut biasanya sering dilafalkan ketika melaksanakan sholat jenazah sesudah takbir ketiga. 

Baca juga: Kumpulan Hadits Sebagai Pedoman Hidup Wajib untuk Diketahui

Doa Untuk Jenazah Perempuan

Sumber: National Tempo.co

Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, wa akrim nuzuulahaa wawassi’ mad kholahaa, waghsilhaa bil maal wats salji wal barodi, wa naqqihaa, minadz dzunubi wal khothooyaa kamaa naqqots tsaubal abyadhu minad danas. Wabdilha daarool khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa, wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min adzabil qobril au min ‘adzaa binnaar.

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Sumber: Kompas.com

Doa dari seorang anak yang sholeh merupakan salah satu amal jariyah bagi orang tua yang sudah meninggal dunia. Hal itu pun sudah tertulis dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakannya.”

Oleh karena itu, tentunya menjadi kewajiban bagi kita sebagai seorang anak untuk senantiasa mendoakan kedua orang tua yang sudah meninggal dunia. Adapun mengenai bacaan doanya seperti berikut:

Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku. Sayangilah mereka berdua sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Beberapa Keutamaan Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Sumber: Benar News

Akan ada imbalan berupa ampunan atau dihapuskannya dosa orang yang sudah meninggal maupun bagi yang memanjatkan doa.

Doa yang dipanjatkan dari orang yang masih hidup itu lebih baik ketimbang dunia dan seluruh isinya bagi mereka yang telah meninggal.

Allah SWT akan menjanjikan balasan berupa surga bagi orang yang memanjatkan doa dan mereka yang mendapatkan doa baik dari orang di sekitarnya. 

Nah, seperti itulah beberapa keutamaan yang luar biasa dari memanjatkan doa untuk orang meninggal.  

Baca juga: Hadits Sedekah Hukumnya Sunah dan Tidak Akan Membuat Miskin

Sumber: https://beritanakmuda.com/


Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang