Skip to main content

2 Contoh Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, pengetahuan, budaya, dan hal lainnya bisa terjadi.

Karena memang setiap kejadian baik itu kejadian sosial maupun kejadian alam yang terjadi di sekitar kita, selalu hubungan sebab akibat serta proses. 

Bicara soal teks eksplanasi, dalam kesempatan kali ini akan memberikan 2 contoh teks eksplanasi sebagai berikut :

  1. Banjir


Pernyataan Umum


Salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia adalah banjir, terutama di musim penghujan. Bencana alam yang satu ini bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungan (DAS). 


Urutan Sebab Akibat


Banjir bisa terjadi karena faktor alam atau tindakan manusia. Adapun penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan yang tinggi, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. 


Sedangkan penyebab banjir akibat tindakan manusia misalnya adalah membuang sampah sembarangan, perubahan tata guna lahan, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, kerusakan bangunan pengendali banjir, dan lain sebagainya. 


Ada banyak dampak dari bencana banjir, seperti banyak rumah yang terendam, aktivitas manusia menjadi terganggu, bahkan bisa merenggut nyawa. 


Interpretasi


Jadi kesimpulannya, bajir bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari faktor alam maupun manusia itu sendiri. Kita bisa mencegah bencana banjir ini, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak lingkungan , dan lain sebagainya. 


  1. Kebakaran Hutan


Pernyataan Umum


Kebakaran hutan merupakan fenomena alam yang sangat merusak lingkungan. Kebakaran hutan ini ditandai dengan adanya kobaran api di area hutan dengan intensitas tinggi, lalu api tersebut merembet dan melahap pepohonan di sana. Akibat peristiwa tersebut, kualitas udara dan lingkungan menjadi buruk dan sangat berbahaya yang bisa mengancam kehidupan di dalamnya. 


Urutan Sebab Akibat


Perlu diketahui bahwa kebakaran hutan ini bisa terjadi dengan begitu saja, tetapi ada sebabnya. Jika dilihat dari kejadiannya, kebakaran hutan ini dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni kebakaran permukaan, tajuk, dan api tajuk. Ketiga jenis kebakaran hutan tersebut memiliki penyebab dan dampak yang berbeda-beda.


Kebakaran  permukaan adalah kebakaran hutan yang hanya melahap dasar lantai hutan saja. Dalam kondisi ini semak belukar, ilalang serta tanaman lainnya tidak terlalu tinggi. Jenis kebakaran hutan yang satu ini memang mudah menyebar karena semak-semak yang sifatnya kering, namun mudah untuk dipadamkan.


Untuk kebakaran tajuk adalah kebakaran hutan yang membakar seluruh tanaman di area hutan tersebut. Karena apinya melahap pepohonan sehingga jenis kebakaran hutan ini sangat sulit untuk dipadamkan. 


Sedangkan kebakaran api tajuk adalah kebakaran hutan yang melahap lapisan organik yang berada di bawah permukaan tanah. Karena berada di bawah permukaan tanah, sehingga membuat penyebaran api berjalan sangat lamban.


Terlepas dari jenisnya, kebakaran hutan ini disebabkan oleh dua faktor utama, yakni murni dari alam dan manusia. Adapun faktor alami penyebab kebakaran hutan  seperti musim kemarau yang panjang sehingga menimbulkan titik-titik api. Sedangkan akibat dari tindakan manusia adalah seperti membuang puntung rokok sembarangan, pembakaran hutan untuk membuka lahan, dan lain sebagainya. 


Akibat dari kebarakan hutan ini adalah terjadinya pencemaran lingkungan, seperti asap yang menyebabkan polusi, jarak pandang menjadi berkuran akibat kabut asap, eksosistem di hutan terancam punah, dan lain sebagainya. 


Interpretasi


Begitu besar kerugian akibat dari kebakaran hutan ini sehingga kita sebagai manusia, harus mengedukasi pada diri sendiri maupun orang lain tentang pentingnya untuk menjaga hutan. Karena bagaimanapun hutan merupakan paru-parunya dunia. 

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang