Skip to main content

Persyaratan Kredit Motor Honda yang Harus d Penuhi

Ingin Kredit Motor Honda? Ini Dia Persyaratannya yang Harus Dipenuhi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif paling menjanjikan di Asia Tenggara. Hal itu terbukti, yang mana Indonesia selalu menjadi target utama bagi para produsen otomotif asal Jepang. 

Honda pun menjadi salah satu produsen otomotif asal Jepang yang cukup mendominasi di pasar Indonesia, baik dari produk kendaran roda empat maupun kendaraan roda dua. 

Ngomong-ngomong soal Honda, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar syarat kredit motor Honda. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Persyaratan Umum Untuk Kredit Motor Honda

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) dan berdomisili di Indonesia

  • Minimal usia 21 tahun dan maksimal 35 tahun (pada saat kredit lunas)

  • Mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (kebijakan akan berbeda pada setiap daerahnya).

2. Dokumen yang Harus Disertakan

Tak hanya persayaratan umum, kamu juga harus membawa beberapa dokumen penting agar proses pengajuan kredit motornya lancar. Adapun mengenai berbaga dokumen penting yang dimaksud diantaranya seperti berikut:

  • Foko kopi KTP pemohon minimal 21 tahun (sudah menikah)

  • Foto kopi KK (Kartu Keluarga)

  • Bukti pembayaran rekening listrik atau telepon 3 bulan terakhir

  • Slip gaji atau bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir

  • Membayar DP atau uang muka sebesar 20 – 30 persen

  • Usia maksimal saat kredit lunas mencapai 55 tahun.

3. Proses Dalam Pengajuan Kredit Motor

Apabila semua persayaratan dan dokumennya sudah lengkap, nantinya dalam pengajuan kredit motor kamu akan menjalani berbagai proses seperti di bawah ini:

  • Tentukan dulu jenis motor yang hendak kamu beli, entah itu melalui dealer, showroom maupun marketing perorangan

  • Segera hubungi pihak leasing maupun bank yang bersangkutan

  • Tentukan nominal DP (uang muka) dan periode cicilan, yakni mulai dari 12, 24, hingga 36 bulan

  • Nantinya pihak leasing atau bank akan memberikan simulasi cicilan per bulan sesuai dengan tenor cicilan yang kamu pilih

  • Disarankan untuk memilih cicilan yang sesuai dengan kemampuan finansial seperti simulasi yang diberikan

  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi formulir permohonan kredit motor

  • Kemudian kamu harus menyertakan semua berkas-berkas dokumen yang diperlukan

  • Setelah itu pihak petugas akan memverifikasi semua data-data tersebut

  • Pada umumnya, bank akan melakukan pemeriksaan BI checking

  • Kamu pun akan diberitahu apakah pengajuan kreditnya diterima atau di tolak (biasanya informasi tersebut diberitahukan dalam waktu 3 hingga 7 hari kerja)

  • Apabila sudah disetujui, kamu akan diundang untuk melakukan akad perjanjian pembelian motor secara kredit

  • Untuk tahap selanjutnya, kamu harus menyerahkan down payment (uang muka) dan membereskan administrasi pembelian motor

  • Nantinya petugas akan menjelaskan informasi seputar jatuh tempo cicilan, besaran nominal cicilan yang harus di bayar per bulan, cara membayar cicilan, serta denda jika ada keterlambatan membayar cicilan motor.


Pengertian Sistem Kredit

Kredit adalah fasilitas pinjaman atau pembiayaan sebuah barang oleh perusahaan pembayaran berupa leasing, yang bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam membeli produk tersebut. Begitu pun dengan produk yang berupa kendaraan bermotor. 

Itu artinya, kredit motor merupakan proses pembelian kendaraan motor dengan pembayaran berjangka yang sesuai syarat serta ketentuan antara pihak perusahaan leasing dengan nasabah untuk menentukan jangka waktu pembayaran. 

Jika nasabah mengalami keterlambatan pembayaran cicilan motor, maka akan ada sanksi yang berupa denda uang dengan nominal tertentu. 


Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang