Skip to main content

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Ingin Melamar Kerja? Ini Dia Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh surat lamaran kerja via email yang akan dibahas di sini bisa menjadi bahan pelajaran untuk kamu yang ingin melamar kerja. Di zaman sekarang, bekerja dari rumah bukanlah hal yang asing. Dengan adanya teknologi yang serba canggih, sangat bermanfaat bagi semua sektor kehidupan. Salah satu pemanfaatan teknologi ini adalah dalam perekrutan para karyawan secara online. Seperti via email, google form dan lain sebagainya.

Secara sederhana surat lamaran pekerjaan yang memiliki fungsi utama sebagai surat pengantar yang disertakan dengan CV (Curriculum Vitae) dan resume kamu. Dengan surat lamaran pekerjaan ini, dapat memperjelas posisi yang akan kamu lamar. Surat lamaran biasanya ditulis dalam satu halaman dan berisi tiga sampai lima paragraf. Secara garis besar isi dari surat lamaran ini terdiri dari pengenalan, inti kualifikasi dan penutup. 

Kebanyakan perekrutan karyawan secara online adalah via email. Email atau surat elektronik merupakan sarana kirim mengirim surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer) dan dikirimkan melalui jaringan komputer. Oleh karena itu, saat kamu akan melamar pekerjaan di suatu instansi, dan instansi tersebut merekrut karyawan secara online via email. Kamu harus mengetahui tips pengiriman surat lamaran kerja via email dan etika pengirimannya melalui email.

TIPS PENGIRIMAN SURAT LAMARAN KERJA VIA EMAIL

Mungkin kamu sudah pernah mengirimkan surat lamaran via email, tapi tidak mendapat panggilan interview. Hal ini tidak menutup kemungkinan karena kesalahan kamu dalam pengiriman surat lamaran kerja tersebut. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan via email. 

Alamat Email Formal

Hal pertama yang perlu kamu perhatiakan adalah nama email yang kamu gunakan untuk mengirim surat lamaran. Sebaiknya kamu mempunyai lebih dari satu email, untuk pekerjaan dan sosial media. Email formal yang kamu gunakan misalnya nama lengkap kamu dengan kombinasi angka saja, tidak ada kata tambahan yang terkesan lebay. Karena nama email yang kurang formal atau terkesan lebay dapat membuat HRD berpikir bahwa kamu kurang profesional. Email digunakan saat ini umumnya gmail.

Berkas-berkas Yang Dilampirkan

Siapkan berkas-berkas yang akan kamu gunakan sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email. Format berkas yang dilampirkan biasanya ditentukan dalam aturan pada persyaratan lowongan kerja yang dibagikan, tapi jika tidak tersedia disarankan untuk menggunakan format pdf. Hindari untuk menggunakan Zip atau link dalam melampirkan berkas lampiran kamu, hal ini karena dapat membuat HRD kesulitan karena tidak dapat langsung mengakses berkas lampiran kamu. 

Dengan format pdf kamu mempermudah HRD untuk membaca berkas lampiran kamu, dan dengan mempermudah HRD itu juga bisa menjadi nilai plus buat kamu. Selain itu rename atau ubah penamaan pada berkas yang akan kamu kirimkan. Hindari penggunaan namai file yang terlalu panjang dan tidak jelas.

Waktu Pengiriman

Hal yang perlu juga kamu perhatikan juga dalam pengiriman surat lamaran kerja via email adalah waktu pengiriman. Sebaiknya hindari pengiriman di luar hari kerja, karena jika kamu mengirim pada hari libur mungkin saja email yang kamu kirimkan tertumpuk dan semakin lama untuk dibaca oleh HRD. Kamu dapat mengirim email dari hari Senin-Jumat, pada jam kerja yaitu diantara pukul 08.00-12.00 atau 13.00-16.00.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA VIA EMAIL

 Dalam pengiriman surat lamaran kerja via email. Ada beberapa etika yang perlu kamu perhatikan. Jangan sampai surat lamaran kerja dan berkas yang kamu kirimkan sudah bagus, tetapi tidak mengikuti standar pengiriman. Perhatikan penerima email yang dituju sudah benar, cc penerima, subjek sesuai dengan posisi yang hendak kamu lamar, isi email dengan formal dan melampirkan (attachment) berkas yang diperlukan. 

Setelah kamu menuliskan surat lamaran kerja via email sesuai dengan standar pengiriman, kamu harus membacanya kembali. Pastikan nama perusahaan sudah benar, isi email kamu sesuai dengan kaidah penulisan, periksa dokumen yang kamu lampirkan. Dengan membaca ulang, kamu dapat mengetahui dan memperbaiki jika ada kesalahan penulisan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email


Sekian pembahasan mengenai contoh surat lamaran kerja via email yang perlu kamu tahu ketika ingin melamar pekerjaan. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi kamu.

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang