Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

makna-dari-doa-dan-waktu-mustajab


Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta.


Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui.


Makna Doa dalam Al-Qur’an 

1. Doa sebagai Ibadah

Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah.

Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memberi manfaat apapun dan tidak bisa memperkenankan permintaan siapapun yang menyembah berhala.

2. Doa sebagai Seruan

Berdoa dikatakan sebagai sebuah seruan, karena ketika berdoa seseorang telah menyeru Allah Swt. untuk melancarkan dan menyukseskan hajat yang dimilikinya. Thahir Ibnu Asyur berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:193 berdoa memiliki makna sebagai seruan yang ditujukan kepada kaum Muslimin.

Jika seandainya kaum Muslimin dapat mengajak para penyembah berhala menuju ke jalan Allah dan beriman serta beramal saleh. Para kaum Muslimin yakin bahwa sebagian penyembah berhala ini enggan mengikuti seruan kaum Muslimin.

3. Doa sebagai Dakwah

Berdoa dikatakan sebagai dakwah, karena ketika berdoa seseorang telah mengajak kepada kebaikan yang dituju dalam doa. Hamka berpendapat dalam Tafsir Al-Azhar jika dalam Q.S Nuh [71]: 5-8 berdoa memiliki makna sebagai dakwahnya Nabi Nuh As. Dakwah dilakukan pada pagi, siang dan malam dengan penuh semangat.

Meskipun respon dari kaum Nabi Nuh As. Ini tidak mengenakkan sama sekali. Mereka juga menutup mata petanda tidak ingin mendengarkan dakwah dari Nabi Nuh, tetapi beliau tetap dakwah dengan cara terang-terangan.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Secara Islami

4. Doa sebagai Istighasah (Meminta Tolong)

Berdoa dikatakan sebagai istighasah atau minta tolong, karena ketika berdoa seseorang meminta pertolongan kepada Allah Swt. Ibnu Katsir berpendapat dalam Tafsir Al-Quran al-Adzim jika dalam Q.S Al-Qasas [28]: 64 berdoa memiliki makna seruan untuk meminta pertolongan.

Hal ini memiliki artian agar sekutu-sekutu tersebut dapat menyelesaikan urusan yang dihadapi. Namun, mereka semua enggan mendengarkan seruan dalam hal petunjuk. Jika para sekutu termasuk orang-orang yang mudah menerima petunjuk di kehidupan dunia pasti mereka akan menyeru pertolongan dan diperkenankan.

5. Doa sebagai Nida (Panggilan)

Berdoa dikatakan sebagai nida atau panggilan, karena ketika berdoa seseorang memanggil yang dituju dalam doa. Al-Qurtubi berpendapat dalam Tafsir Al-Qurtubi jika dalam Q.S Ar-Rum [30]: 25 berdoa memiliki makna sebagai panggilan. Artinya panggilan Allah Swt. dalam membangkitkan manusia dari kuburnya.

6. Doa sebagai Permohonan

Berdoa dikatakan sebagai permohonan, karena ketika berdoa seseorang telah memohon kepada yang dituju dalam doa untuk mengabulkan permohonannya. Ibnu Katsir berpendapat dalam Tafsir Al-Qur'an Al’Adzim jika dalam Q.S Nuh [71]: 5-8 berdoa memiliki makna sebagai permohonan.

Allah Swt. menganjurkan kepada para hambaNya untuk senantiasa berdoa kepadaNya. Allah Swt. menjamin jika bahwa doa para hambaNya akan dikabulkan.

Adapun waktu-waktu mustajab dikabulkannya doa yang wajib Kamu ketahui. Berikut adalah waktu-waktu mustajab itu.

  1. Ketika Lailatul Qadar

  2. Pertengahan malam yang terakhir & waktu sahur

  3. Di akhir penghujung shalat fardhu

  4. Ketika diantara adzan dan iqamah

  5. Ketika turun hujan


Nah, itulah penjelasan mengenai makna dari doa dan waktu mustajab dikabulkannya doa. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan Kamu. Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik dan Keren

12 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda Supaya Tetap Terjaga Dan Lancar