8 Makanan Khas Manado Ini Lezat Dan Populer



Manado adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Manado punya banyak sekali makanan khas yang telah dikenal masyarakat luas. Kamu juga akan menemukan banyak tempat tempat kuliner makanan khas Manado ketika berkunjung kesana. 

Jika kamu belum tahu makanan khas Manado itu apa saja. Berikut dibawah ini ada 8 makanan khas Manado yang lezat dan populer, diantaranya yaitu : 

  1. Ayam Rica Rica

Ayam rica rica adalah makanan khas Manado yang sangat populer. Selain rasanya yang pedas, namun tampilan warnanya juga yang merah menyala membuat ayam rica rica begitu menggugah selera. Aromanya juga segar khas cabai juga jeruk nipis. Adapun bumbu yang digunakannya seperti cabai merah, cabai rawit merah, tomat merah, merica, gula pasir, garam, air jeruk nipis, jahe, dan daun jeruk. 

  1. Dabu Dabu

Dabu dabu atau sambal iris adalah sambal khas Manado yang terbuat dari irisan cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, juga tomat merah. Kemudian diberi tambahan perasan air jeruk nipis, garam, dan minyak zaitun. Rasanya yang asam dan pedas pas dipadukan dengan jenis masakan Manado lainnya. 

  1. Ayam Tuturuga

Ayam tuturuga atau lebih dikenal dengan sebutan opor ayam juga salah satu makanan khas Manado yang banyak ditemukan di berbagai daerah diluar Manado. Biasanya ayam tuturuga dicampur dengan kentang juga santan. Penampilan ayam tuturuga ini begitu menarik, warnanya kekuning kuningan karena dicampur dengan kunyit. 

Bumbu bumbu yang digunakannya seperti serai, daun pandan, daun mint, cabai rawit hijau, bawang merah, jahe, cabai merah, kunyit, kemiri, garam, juga tomat hijau kecil. 

  1. Ikan Kuah Asam

Ikan kuas asam adalah makanan khas Manado yang menggunakan bahan dasar ikan. Biasanya menggunakan ikan kakap. Rasa makan khas Manado ini sangat nikmat dengan perpaduan rempah rempah seperti bawang merah, cabai merah, jahe, daun jeruk perut, serai, daun kunyit, daun bawang, merica bubuk, garam, kemangi, dan pastinya air perasan jeruk nipis. 

  1. Es Kacang Merah

Es kacang merah adalah es khas Manado yang menggunakan bahan dasar kacang merah rebus. Bahan yang digunakannya sederhana dan mudah dijumpai di pasaran seperti daun pandan, susu kental, es serut, serta sirop gula aren beraroma jahe. 

  1. Papare

Papare juga makanan khas Manado yang menggunakan bahan dasar ikan. Cara penyajiannya cukup unik, yaitu ikan tongkol yang telah ditumis dengan bumbu dimasukkan kedalam sebuah pare yang telah disayat dan dibuang bijinya, kemudian diikat dengan benang katun lalu digoreng dengan minyak panas. Adapun bahan bahan yang digunakannya seperti santan, putih telur, bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah keriting, garam juga gula. 


Baca juga: Resep Kwetiau Siram ala Resto, Cara Membuatnya Sederhana Banget


  1. Cakalang Pampis

Cakalang pampis merupakan makanan khas Manado yang menggunakan bahan dasar ikan cakalang kukus yang disuwir suwir, kemudian dicampur dengan bumbu yang telah ditumis. Bahan bahan yang digunakannya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai rawit, cabai merah, minyak kelapa, serai, daun bawang, dan garam. 

  1. Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan makanan khas Manado yang menggunakan bahan dasar beras ketan dan santan. Biasanya nasi jaha dinikmati dengan paduan lauk seperti ayam tuturaga, perkedel jagung, dan sambal dabu. Atau tanpa lauk pendamping pun, nasi jaha tetap lezat untuk disantap. Nasi jaha dimasak dengan cara dipanggang setelah sebelumnya diisi terlebih dahulu kedalam batang bambu berlapis daun pisang. 

Nah itu dia 8 makanan khas Manado. Makanan apa nih yang mau kamu coba?
x

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik dan Keren

12 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda Supaya Tetap Terjaga Dan Lancar