Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?


Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya:

  1. Pengertian Curriculum Vitae

Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru.

  1. Pengertian Surat Pengantar

Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut.

  1. Tujuan Curriculum Vitae

Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingga melamar beasiswa. curriculum vitae umumnya berisi penjelasan rinci tentang pengalaman kerja, uraian pekerjaan, latar belakang pendidikan, prestasi dan pencapaian akademis maupun profesi.

Perbedaan CV dan cover letter dari segi tujuan adalah curriculum vitae digunakan untuk mengatakan riwayat hidup anda selengkap-lengkapnya secara kronologis.  curriculum vitae ditulis secara kronologis, lengkap bersama uraian dari masing-masing poinnya. Hal ini dilakukan sebab curriculum vitae dirancang untuk memberikan tambahan penjelasan lengkap mengenai perjalanan karir seseorang.

Baca Juga: 7 Website Gratis untuk Membuat CV Secara Online, Bikin HRD Jatuh Hati!

  1. Bagian Pembuka Curriculum Vitae

Perbedaan CV dan cover letter adalah curriculum Vitae tidak memiliki sapaan. Namun, pada bagian pembuka Anda dapat menyebutkan profesi terakhir Anda. Misalnya, Analis Bisnis, Eksekutif Pemasaran, Penulis konten, atau profesi lainnya. Disarankan Anda menyebutkan profesi terakhir Anda jika profesi tersebut sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. curriculum vitae memberikan gambaran kecil namun langsung tentang kehidupan profesional Anda.

Itulah beberapa perbedaan CV dan cover letter dari segi pengertian dan juga bagian pembukanya. Jadi, apakah Anda membutuhkan CV atau cover letter dalam sebuah perusahaan? Tentu keduanya sesuai dengan jenis keperluannya.

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik dan Keren

12 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda Supaya Tetap Terjaga Dan Lancar