Beberapa Nama Lain Hari Kiamat Di Dalam Al Quran

beberapa-nama-lain-hari-kiamat-di-dalam-alqur'an


suanetizen.com- Salah satu rukun iman yang harus diyakini oleh seorang muslim adalah meyakini datangnya hari kiamat. Hari kiamat adalah hari penghabisan kehidupan di dunia ini, dimana alam semesta ini akan hancur lebur dan semua makhluk hidup akan mati, termasuk manusia.

Di dalam Al Quran sendiri terdapat banyak surat yang menjelaskan tentang dahsyatnya hari kiamat itu. Bahkan, hari kiamat ini memiliki sebutan-sebutan yang berbeda di dalam Al Quran. Berikut beberapa nama lain hari kiamat di dalam Al Quran : 

Nama Lain HAri Kiamat

1. Al – Azifah (Suatu Yang Dekat)

Nama lain hari kiamat yang pertama adalah Al – Azifah yang artinya suatu yang dekat. Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala mengingatkan kepada manusia bahwa yang namanya hari kiamat itu adalah sesuatu yang dekat. 
Saking dekatnya, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wassalam mengumpamakan jaraknya dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. 
Sedangkan di dalam Al Quran Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :
Artinya : “Yang dekat (hari kiamat) telah makin mendekat,” (QS. An-Najm : 57).

2. Al-Qariah (Ketukan Keras)

Nama lain hari kiamat yang terakhir adalah Al-Qariah yang artinya ketukan keras. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :
Artinya : “Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?” (QS. Al-Qariah : 3).  
As-Shakhkhah (Teriakan)
Nama lain hari kiamat berikutnya adalah As-Shakhkhah yang artinya teriakan. Sebab hari kiamat ini akan menjadi hari yang sangat menakutkan dan mengerikan bagi manusia yang mengingkari kebenaran. Mereka akan berteriak dengan sangat keras saking takutnya dengan hari kiamat. 
Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :
Artinya : “Maka apabila datang suara yang memekakkan (telinga),” (QS. Abasa : 33).


3. Al – Haqqah (Yang Pasti)

Al – Haqqah merupakan nama lain dari kiamat yang artinya yang pasti. Hal ini tercantum dalam surat Al – Haqqah ayat 3 yang berbunyi :
Artinya : “Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?,” (QS. Al-Haqqah : 3).

4. Ath Thammatul Kubra (Bencana Besar)

Ath Thammatul Kubra yang artinya bencana besar merupakan nama lain dari kiamat. Hal ini tercantum dalam surat An-Nazi’at ayat 34 yang berbunyi :
Artinya : “Maka apabila bencana yang sangat besar (hari kiamat) telah datang,” (QS. An-Nazi’at : 34). 

Baca juga : Perbedaan Sholat Malam Dan Sholat Tahajud Yang Harus Anda Ketahui.

5. Al – Waqi’ah (Hari Kiamat)

Nama lain dari hari kiamat adalah Al-Waqi’ah. Hal ini tertuang di Al Quran dalam surat Al Waqi’ah ayat 1 yang bunyinya :
Artinya : “Apabila terjadi hari kiamat,” (QS. Al-Waqi’ah : 1).

6. Darul Qarar (Tempat Kembali)

Darul Qarar yang artinya tempat kembali ini merupakan nama lain dari hari kiamat. Allah Subhana wa Ta’ala memperingatkan kepada manusia bahwa kehidupan di dunia hanya sementara saja. Karena kehidupan yang kekal hanya ada di akhirat nanti. Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :
Artinya : “Wahai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah kesenangan sementara. Dan sesungguhnya akhirat itu adalah negeri tempat kembali,” (QS. Ghafir : 39). 

7. Ad Darul Akhirah (Negeri Akhirat)

Nama lain hari kiamat yang terakhir adalah Ad Darul Akhirah yang artinya negeri akhirat. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 64 yang bunyinya :
Artinya : “Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui,” (QS. Al-Ankabut : 64). 

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik dan Keren

12 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda Supaya Tetap Terjaga Dan Lancar