Skip to main content

Perbedaan Sholat Malam Dan Sholat Tahajud Yang Harus Anda Ketahui.


Perbedaan Sholat Malam Dan Sholat Tahajud Yang Harus Anda Ketahui.


Suanetizen.com - Sholat malam atau qiyaumul lail memiliki keutaman yang sangat besar, karena di waktu malam banyak orang yang tertidur pulas dan tidak beribadah. Sehingga, orang yang bermunajat kepada Allah Subhana wa Ta’ala, sementara yang lain sedang tidur, maka akan diberi pahala yang tidak ternilai besarnya.

Fadilah atau keutamaan sholat malam ini tergambar dalam firman Allah Subhana wa Ta’ala dalam surat Al-Muzammil yang berbunyi :

“Bangunlah (sholat) pada waktu malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu,”. (QS. AL-Muzzammil : 2-3).

Perintah sholat malam ini lainnya juga ada tertulis dalam surat Al-Isra yang berbunyi :

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah (Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).” (QS Al-Isra : 79-80). 

Di surat Al-Muzzammil di atas disebutkan sholat malam, sementara di surat Al-Isra dinyatakan sholat malam itu dalam bentuk sholat tahajud. Lalu apa perbedaan antara sholat malam dengan sholat tahajud?

Perbedaan Sholat Malam dan Sholat Tahajud

Menurut pendapat sebagian ulama, sholat tahajud adalah salah satu sholat malam. Sedangkan sholat malam merupakan sholat sunnah yang dikerjakan setelah melakukan sholat Isya. Jadi, sholat malam ini bisa meliputi sholat tarawih, sholat tahajud, sholat witir, sholat sunah mutlak (sholat sunah yang tidak memiliki sebab dan tidak terikat dengan waktu) yang dilakukan di malam hari, atau juga sholat sunah rawatib, baik itu qobliyah maupun ba’diyah, yang tidak dilakukan pada waktunya, lalu kemudian diqada pada malam hari.  

Dari pendapat di atas, bisa disimpukan bahwa sholat tahajud itu adalah bagian dari sholat malam, sedangkan sholat malam belum tentu sholat tahajud. Sholat tahajud sendiri dikerjakan setelah bangun tidur di malam hari hingga menjelang shubuh, dengan jumlah rakaat yang tidak terbatas. Namun menurut hadits Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat beserta witir). 

‘Aisyah mengatakan,

Artinya : “Rasullulah Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah menambah sholat malam di bulan Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari 11 rakaat. Beliau melakukan sholat empat rakaat, makan jangan tanyakan mengenai bagus dan panjangnya. Kemudian beliau melakukan sholat empat rakaat lagi dan jangan tanyakan mengenai bagus dan panjangnya. Kemudian beliau melakukan sholat tiga rakaat.”. 

Ibnu ‘Abbas mengatakan,

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam biasa melaksanakan sholat malam 13 rakaat.”

Baca Juga : Ingin Tau Cara Mendidik Anak Dalam Islam? Simak 6 Cara Ini!

Tata Cara Sholat Tahajud

  1. Niat sholat tahajud

Adapun niat sholat malam tahajud adalah,

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa

Artinya : “Aku niat sholat tahajud dua rokaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  1. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

  2. Membaca surat Al Fatihah

  3. Membaca surat dalam Al Quran. Kalau Nabi biasanya membaca surat-surat yang panjang

  4. Rukuk dengan tuma’ninah sambil membaca doa rukuk

  5. I’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal

  6. Sujud dengan tuma’ninah sambil membaca doa sujud

  7. Ulangi gerakan seperti rakaat pertama

  8. Pada tahiyat akhir, baca doa tahiyat akhir

  9. Melakukan gerakan salam

  10. Sesudah salam disunnahkan membaca bacaan tahlil, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, lalu membaca doa sholat tahajud


Begitulah Penjelasan mengenai Perbedaan Sholat malam dan Sholat Tahajud, semoga bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang