Cara Mendidik Anak Secara Islami

cara-mendidik-anak-secara-islami


Islam merupakan agama yang sempurna, karena dalam Islam bukan hanya mengurus tentang ibadah ritual saja, namun semua aspek kehidupan ini diatur oleh Islam, termasuk dalam mengurus anak. Dalam Islam, cara mendidik anak ini telah diajarkan oleh para tokoh muslim terdahulu, seperti para Nabi dan orang-orang soleh. Dalam Islam, mendidik dan menyayangi anak dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan perkembangan usianya. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang cara mendidik anak dalam Islam sebagai berikut ini :

Cara Mendidik Anak Secara Islam

1. Memperdengarkan Al Quran Sejak Lahir
Cara mendidik anak yang pertama adalah dengan memperdengarkan Al Quran sejak lahir bahkan mulai dari kandungan. Semasa mengandung, sang ibu atau ayah bisa melantunkan ayat suci Al Quran. Karena dengan membaca Al Quran ini hati sang bunda menjadi lebih tenang yang tentunya hal ini bisa mempengaruhi psikis yang bayi di dalam kandungan. Apalagi jika sang bayi sudah lahir, dengan membaca lantunan ayat suci Al Quran sang anak sudah terbiasa mendengarkan Al Quran sejak dini. Bukan tidak mungkin, anak anda kelak akan menjadi seorang hafidz Al Quran dikarenakan sejak kecil sudah dikenalkan dengan Al Quran.  

2. Memberikan Nama Panggilan Yang Baik

Cara mendidik anak selanjutnya adalah dengan memberikan nama panggilan yang baik. Karena bagaimanapun nama ini merupakan doa dan harapan dari orangtua demi masa depan anaknya. Oleh karena itu, berilah nama anak anda dengan nama yang bermakna baik. Misalnya dengan memberikan nama yang diambil dari para tokoh Islam, seperti para Nabi, sahabat, dan tokoh-tokoh Islam. 

3. Ajarkan Konsep Tauhid (Konsep Ketuhanan)

Seperti yang diketahui bahwa tauhid (meng esakan Alloh) merupakan dasar dari agama Islam, sehingga hal pertama yang wajib orangtua ajarkan kepada anak perempuannya adalah tentang Alloh SWT. Bahwa Alloh itu merupakan Tuhan yang menciptakan manusia, dunia beserta isinya, dan Alloh itu maha esa. Ajarkan anak untuk mengucapkan Laa Illaha Illalah setiap harinya sehingga anak mulai familiar mendengarkannya.

4. Mengajarkan Ilmu Agama Sejak Dini

Cara mendidik anak lainnya adalah ajarkanlah ilmu agama pada anak anda sejak dini. Bahkan saat usinya masih balita, orangtua harus mulai menanamkan nilai-nilai agama. Misalnya mulai mengajari anak membaca al quran, selain itu anda juga bisa menyekolahkan anak di TPQ maupun PAUD ketika usianya sudah menginjak 2-3 tahun. Sedangkan untuk sholat atau puasa, walaupun kewajibannya dilakukan saat anak baligh, namun alangkah baiknya jika sudah diajarkan sejak dini. Selain itu, anda juga bisa mengajarkan anak tentang cara berwudhu, cara sholat dan bacaannya. Sedangkan untuk berpuasa, anak bisa berpuasa secara bertahap, berpuasa sekuatnya atau setengah hari terlebih dahulu.

5. Mengajarkan Berperilaku Sopan dan Berbakti Pada Orangtua

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orangtuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam 2 tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu, Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” (Q.S Luqman : 14). Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada orantuanya. Sebab hal itulah yang diperintahkan oleh Alloh SWT, bagaimana seorang anak diperintahkan harus bersikap sopan, bertutur kata lembut, menunjukkan wajah ceria dan patuh kepada perintahnya.

6. Mengajarkan Akhlak Mulia

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam seringkali mengajarkan kepada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada sesama manusia. Dalam hal ini, anda bisa mengajarkannya dengan menceritakannya lewat kisah para nabi maupun dari Al Quran.

Baca Juga : Mengapa Penyakit Campak Pada Anak Bisa Terjadi? Yuk, Kita Cari Tahu

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

Bingung Mau Main Apa? Cek 10 Game Online PC Ringan Berikut

4 Meme Lucu Dengan Bernuansakan Hujan