Ucapan Ulang Tahun Untuk Anak Ternyata Penting Lho! Simak Selengkapnya Di Sini

alasan-mengapa-ucapan-ulang-tahun-untuk-anak-penting

Suanetizen.com - Hari ulang tahun anak merupakan sebuah tanda cinta orang tua terhadap buah hatinya. Ulang tahun juga sekaligus menjadi sebuah pertanda bertambahnya kedewasaan sang anak, dan juga bisa menjadi tolak ukur orang tua untuk menyesuaikan pola pendidikan baru.

Berbagai ucapan ulang tahun untuk anak yang diterima juga menjadi sebuah dorongan mental tersendiri yang dapat menjadi sebuah pertanda bahwa sang anak mendapatkan perhatian yang cukup dari lingkungan keluarga dan juga lingkungan pertemanannya.

Meskipun sang anak katakanlah telah beranjak remaja, ucapan ulang tahun yang anak dapatkan tetap bermakna dan tak bisa dianggap sepele. Ucapan ulang tahun dapat berarti sebuah dorongan mental yang penting bagi kehidupan sosial sang anak kedepannya.

Ucapan Ulang Tahun Bukan Hal Sepele

Bagi sebagian orang yang tidak mengerti memang sepertinya kumpulan ucapan ulang tahun untuk anak adalah hal yang sepele. Namun terdapat beberapa poin penting yang berkaitan dengan tumbuh kembang psikologis anak, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ucapan ulang tahun untuk anak itu penting.

1. Tanda Kasih Sayang

Bagi seorang anak yang mendapat ucapan ulang tahun dari orang tuanya, secara bawah sadar normalnya manusia anak tersebut akan merasakan kasih sayang dari orang tuanya. Meskipun bagi sebagian besar anak momen ulang tahun adalah momen mencari kado mainan.

Kado mainan memang yang paling terlihat dari kulit luar dan secara fisik, namun ucapan ulang tahun dari orang tua khususnya dapat tertanam secara bawah sadar pada sang anak tersebut. Di sini ucapan ulang tahun sudah tidak bisa diremehkan.

2. Tanda Kepedulian

Ketika seorang anak dapat merayakan ulang tahun bersama teman-temannya maka anak tersebut akan merasa bahwa banyak pihak yang peduli pada dirinya. Hal ini memang sulit diekspresikan oleh anak kecil karena keterbatasan kemampuan komunikasi.

Namun ketika sang anak yang merayakan ulang tahun adalah remaja, maka ungkapan gembira karena ada teman dan kerabat yang peduli padanya akan sangat terlihat. Hal inilah yang tak jarang membuat perayaan ulang tahun diiringi dengan air mata bahagia.

3. Dukungan Moral

Ucapan ulang tahun sebagai bukti dukungan moral akan sangat kental terasa ketika yang merayakan ulang tahun adalah troubled child, anak dari keluarga broken home, dan masalah internal lainnya. Tak perlu perayaan ulang tahun bersifat meriah, yang paling penting adalah hadirnya para sahabat di sisinya.

Ucapan ulang tahun sebagai dukungan moral akan sangat terasa terutama beberapa tahun belakangan ini karena perubahan mental anak-anak dan remaja yang lebih mudah goyah dan tak tahan banting seperti generasi-generasi sebelumnya.

Memang perbedaan mental remaja masa kini tidak bisa disamakan dengan remaja generasi yang lalu terutama generasi 90an kebawah. Perbedaan teknologi yang sangat mencolok juga menjadi faktor pembeda yang membuat perbedaan ketahanan mental antara generasi tersebut.

Generasi saat ini sangat memerlukan dukungan moral dalam berbagai aspek. Willingness-to-life dari tiap individu remaja juga cenderung rendah, seperti kata pepatah lama hidup segan mati tak mau. Oleh karena itu dukungan moral seperti ucapan ulang tahun saat ini tidak bisa dianggap sepele.

Baca juga: Do'a Meminta Kesembuhan Dari Penyakit, Dapat Menjadi Penggugur Dosa

Menoleh Kebelakang

Ulang tahun sendiri jika dilihat dan dibandingkan dengan faktor budaya indonesia utamanya budaya jawa memang tak jauh berbeda. Dari segi ritual atau pelaksanaan acara memang berbeda, namun tujuan dari diadakannya peringatan hari lahir mayoritas sama, mari kita bedah.

Dalam adat Jawa, ada berbagai macam peringatan yang berhubungan dengan tanggal jadi. Mulai dari peringatan tanggal lahir, peringatan kematian, peringatan pernikahan, peringatan bertambahnya usia bayi dan banyak lagi peringatan lainnya.

Satu individu memang setiap tahunnya tidak akan selalu merayakan hari-hari penting. Berbeda dengan hari ulang tahun yang memang setiap tahunnya dirayakan oleh individu yang memperingati hari tersebut. Perbedaan ini tidak lepas dari luasnya filosofi jawa.

Sebagai contoh peringatan hari kelahiran seorang anak memang tidak akan dirayakan ketika sang anak telah tumbuh remaja atau dewasa. Namun saat anak tersebut masih masuk kategori “durung mbeneh” atau belum dewasa maka peringatan hari kelahiran akan dilakukan.

Dari segi acara peringatan hari kelahiran adat Jawa tidak selalu sebesar hari ulang tahun era modern seperti saat ini. Acara peringatan hari lahir dalam adat jawa dilakukan secara sederhana bagi kebanyakan rakyat jelata dan hanya orang yang memiliki gelar yang merayakannya dengan besar-besaran.

Yang dilakukan ketika peringatan hari lahir dalam adat Jawa adalah ritual doa agar si anak bisa menjadi manusia yang berhasil di masa depannya. Doa dan juga wejangan dari orang tua selalu diberikan tiap kali peringatan hari lahir dilakukan dalam adat Jawa.

Tak ada bedanya dengan ulang tahun modern, dalam adat Jawa para orang tua akan memberikan dukungan mental, dan juga menunjukkan kasih sayangnya kepada sang anak dengan mendoakan anak agar menjadi pribadi yang baik dan berhasil ketika sudah dewasa nanti.

Perbedaan pengucapan selamat ulang tahun juga sangat berbeda, jika pada ulang tahun modern ucapan ulang tahun berupa “selamat ulang tahun”. Berbeda lagi dengan ucapan peringatan hari ulang tahun dalam adat Jawa, meskipun tujuannya sama-sama baik.

Dalam adat jawa pengucapan selamat ulang tahun diganti dengan wejangan-wejangan dan juga harapan dan doa bagi sang anak. Tidak jauh berbeda memang, namun dalam komunikasi ritual dalam adat jawa filosofi dan berbagai macam doa dari kitab tua pasti akan diikutkan.

Sejak zaman dahulu para leluhur jawa sudah menggunakan konsep perayaan hari kelahiran sebagai sebuah simbol dari hal-hal positif yang ditujukan kepada anak. Mulai dari kasih sayang, dukungan moral, harapan, tanda kepedulian, dan juga rasa kebersamaan dalam keluarga.

Oleh karena itu kumpulan ucapan ulang tahun untuk anak sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Ucapan ulang tahun bukanlah sebatas menggugurkan kewajiban seperti melakukan absensi sekolah namun lebih kepada bagaimana bersosial dengan baik dan menaruh simpati kepada sesama.

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Anak Laki-laki Yang Paling Menginspirasi



Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

Bingung Mau Main Apa? Cek 10 Game Online PC Ringan Berikut

4 Meme Lucu Dengan Bernuansakan Hujan