Tips dan Cara Agar Anak Senang Berolahraga Sedari Dini

cara-agar-anak-senang-berolahraga

Suanetizen.com - Sebagai orang tua, Anda pasti menginginkan sang buah hati untuk tumbuh dengan sehat dan kuat. Berbagai cara Anda lakukan mulai dari memenuhi kebutuhan pokoknya seperti makanan, pakaian, tempat tinggal yang nyaman, dan lain-lain. Hal-hal tersebut tentunya tidak cukup, Anda perlu membangun kebiasaan serta hobi yang baik pada anak Anda agar ke depannya ia tumbuh menjadi anak yang terarah dalam berbagai aspek.

Salah satu hal yang bisa Anda biasakan pada anak Anda adalah kebiasaan ia berolahraga. Dengan berolahraga, tubuhnya akan terbiasa untuk beraktivitas di luar ruangan dan melakukan aktivitas dengan lincah. Tak hanya membantu agar badannya menjadi lebih bugar, membiasakan sang buah hati berolahraga juga merupakan salah satu cara untuk menemukan hobi serta bakat terpendamnya.

Lantas, bagaimana cara agar anak senang berolahraga? Simak kiat-kiatnya di bawah ini:

1. Ajaklah ia beraktivitas di luar ruangan

Sebelum membiasakan anak Anda untuk berolahraga, Anda harus membiasakan ia untuk "bersahabat" dengan alam terbuka terlebih dahulu agar tubuhnya tidak kaget. Jika biasanya anak Anda lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah bersama dengan mainannya, kali ini ia harus beradaptasi untuk menyukai keberadaannya di alam yang terbuka.

Untuk membiasakannya, Anda harus sering-sering mengajaknya bermain di luar rumah atau menyisihkan waktu Anda di akhir pekan untuk bertamasya, piknik, atau mengunjungi tempat-tempat seperti kebun binatang, trek lari, tempat berenang, dan lain sebagainya.

2. Kenalkan ia dengan ragam jenis olahraga

Sebelum menentukan olahraga apa yang kira-kira cocok untuk anak Anda, perkenalkan terlebih dahulu ia dengan macam-macam olahraga yang ada. Mulai dari sepak bola, basket, renang, badminton, gymnastic, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, Anda merasa olahraga sepak bola adalah olahraga yang akan cocok untuk anak Anda dan ia pun akan senang melakukannya. Anda harus memperkenalkannya terlebih dahulu tentang konsep bermain sepakbola, ukuran lapangan bola, jumlah pemain dalam olahraga sepak bola, dan lain sebagainya.

3. Daftarkan ia dengan kelas olahraga

Cara lain yang bisa Anda coba agar anak Anda terbiasa berolahraga adalah dengan mendaftarkannya les olahraga seperti les renang, les bulu tangkis, les basket, ataupun les sepak bola. Sekarang ini banyak sekali klub-klub olahraga yang membuka kelas untuk anak-anak yang ingin memulai mendalami sebuah cabang olahraga. Dengan mendaftarkannya ke sebuah kelas olahraga, anak Anda pun akan jadi lebih terarah aktivitas olahraganya dan terlatih dengan baik. Dan bahkan kemungkinan kelak anak Anda menjadi atlet dari olahraga yang ditekuni akan menjadi lebih besar.

4. Perhatikan minat serta kegemarannya

Selain cara-cara di atas, Anda juga harus memerhatikan apakah anak Anda memiliki ketertarikan yang cukup pada bidang olahraga. Karena Anda juga tidak bisa memaksakan kehendak si kecil apabila ia tidak menyenangi kegiatan berolahraga. Jika kasusnya seperti itu, Anda bisa coba mengalokasikan pelatihan untuk si kecil kepada minatnya yang lain.

Itulah beberapa cara agar anak senang berolahraga dari kami. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat Anda terapkan ya!

Comments

Popular posts from this blog

8 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Mengandung Doa Baik Untuk Kakak Laki Laki

Bingung Mau Main Apa? Cek 10 Game Online PC Ringan Berikut

Inilah Tips Menjaga Kecantikan Wajah Di Malam Hari Yang Bisa Anda Coba