Skip to main content

Resep Sambal Goreng Kentang Kering

sambal-goreng-kentang
Sumber: www.yummy.co.id


Suanetizen.com - 
Bagi orang Indonesia, sambal adalah salah satu pelengkap menu yang mampu menambah selera makan. Sambal adalah makanan yang umumnya terbuat dari cabai yang dihaluskan bersama bumbu lainnya. Terdapat berbagai macam bentuk sambal, mulai dari sambal basah hingga sambal kering. Salah satu olahan masakan dengan sambal kering yang cukup banyak diminati adalah sambal goreng kentang kering. Sambal ini biasanya sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat dan lauk lainnya.

Kamu ingin mencoba memasak sambal kentang goreng kering? Pada kesempatan kali ini, Suanetizen.com akan memberikan resep sambal goreng kentang kering nikmat yang bisa kamu coba masak di rumah. Penasaran? Simak langkah-langkahnya di bawah ini yaa.

Resep Sambal Goreng Kentang Kering

Sambal goreng kentang kering saat ini sangat muda didapatkan dipasaran, hal ini karena sambal kentang jenis ini lebih tahan lama sehingga banyak yang menjual sambal ini. Tetapi untuk kamu yang ingin membuat sendiri sambal goreng kentang kering, resep berikut ini bisa kamu coba:

Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang

  • 6 siung bawang putih

  • 8 buah bawang merah

  • 75 g gula jawa atau gula merah

  • 2 daun jeruk

  • 7 biji cabai merah keriting

  • Garam secukupnya

  • Lada secukupnya

  • Penyedap (sesuai selera)

  • Minyak sayur atau minyak goreng

Langkah pembuatan:

  • Kupaslah kentang, kemudian cuci bersih dan selanjutnya potong kentang berbentuk tipis memanjang.

  • Goreng kentang yang telah dipotong  hingga benar-benar kering

  • Goreng bawang merah, bawang putih, dan cabai sebentar hingga harum. Kemudian haluskan bumbu tersebut 

  • Panaskan sedikit minyak goreng pada wajan menggunakan api kecil, kemudian tumis bumbu dan daun jeruk hingga harum

  • Tambahkan gula merah, garam, lada dan penyedap (jika suka) secukupnya

  • Masukkan kentang yang telah digoreng, selanjutnya aduk hingga bumbu merata dan matikan kompor

  • Angkat sambal kentang goreng kering dan biarkan hingga agak dingin

  • Masukkan kentang goreng kedalam toples atau wadah tertutup.


Tips Menyimpan Sambal Goreng Kentang Agar Tetap Renyah

  1. Simpan di tempat tertutup

Sambal goreng kentang kering memiliki sifat yang hidroskopis, yakni mudah sekali menyerap air, sehingga mudah sekali lembek. Oleh sebab itu, agar sambal ini tahan lama dan tetap renyah, sebaiknya disimpan pada toples atau wadah tertutup dn ditutup rapat.

  1. Hindari mendinginkan sambal goreng kentang terlalu lama

Pada proses pembuatan, seusai sambal goreng kentang kering di angkat harus didinginkan. Namun yang perlu diketahui adalah jangan mendinginkan terlalu lama, agar sambal tidak lembek sebelum dimasukkan kedalam wadah tertutup.

  1. Jangan biarkan toples sambal goreng terbuka lama saat sedang mengonsumsi

Umumnya sambal goreng kentang kering dikonsumsi bersama dengan nasi dan lauk lainnya, namun tidak jarang juga sambal ini dijadikan camilan, dan terus membiarkan toples terbuka saat makan. Agar sambal goreng kentang kering tetap renyah dan tidak lembek, sebaiknya ambil secukupnya dari toples dan segera ditutup kembali

  1. Simpan di lemari es

Terkadang tidak sedikit masyarakat yang mengetahui bahwa  tingkat kelembaban dilemari es lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kelembaban di ruangan. Maka bukan hal yang aneh apabila tingkat penyerapan bahan pangan yang bersifat hidroskopis seperti kerupuk didalam kulkas lebih rendah daripada di ruangan. Prinsip ini juga bisa digunakan untuk mempertahankan atau bahkan menambah tingkat kerenyahan sambal goreng kentang kering selama penyimpanan. Maka kamu bisa menyimpan toples berisi sambal goreng kentang kering dalam kulkas.

Nah, itu dia resep sambal goreng kentang kering yang bisa kamu coba masak di rumah beserta dengan tips penyimpanannya agar tahan lama tanpa mengubah cita rasanya. Mudah sekali bukan? Yuk segera praktikkan resep masakan di atas!

Baca juga: Kumpulan Artikel Tentang Resep Masakan Terbaru dari Popbela

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang