Skip to main content

Cara Mengetahui Masa Subur Pria Kalkulator Masa Subur Pria

kalkulator-masa-subur-pria

Suanetizen.com - Masa subur berbeda dengan masa subur wanita, karena masa subur pria bisa diukur melalui kuantitas dan kualitas sperma, dan juga beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Dikalangan awam, kebanyakan orang menganggap masalah kesuburan ini hanyalah urusan wanita saja.

Padahal para pria juga memiliki masa masa subur yang bisa menentukan sukses atau tidaknya proses kehamilan.

Hanya saja masa subur pria ini berbeda dengan masa subur wanita yang telah lebih umum dikenal.

Akan dianggap subur seorang pria saat spermanya dapat membuahi sel telur milik perempuan dan menjadikan perempuan tersebut hamil.

Tidak seperti pada perempuan yang masa suburnya itu relative bisa ditentukan kapan dan berapa lama serta bisa dihitung dengan mudah, masa subur pria relatif sulit untuk ditentukan.

Tetapi dengan mengetahui kapan kiranya masa subur pria, maka akan dapat membantu meningkatkan peluang untuk terjadinya proses kehamilan pada perempuan.

Lalu bagaimana cara menghitung masa subur pria yang mudah? Meski masa subur pria berbeda dengan wanita tetapi sebenarnya masih bisa ditentukan meski memang tidak rutin satu bulan sekali, tidak seperti pada wanita.


Baca juga: Cara Mengencangkan Payudara Secara Alami Dengan Memijatnya

Seorang pria dikatakan sedang berada didalam masa subur adalah lebih kepada waktu. Masa subur pria adalah dipagi hari atau pada saat datangnya musim dingin atau musim dimana lebih rendahnya suhu udara dari biasanya, pasalnya testis sendiri sangat sensitif terhadapa suhu ruangan.

Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkannya. Semakin tinggi suhu ruang, maka akan semakin besar juga resiko terhadap sperma yang akan dikeluarkannya.

Jumlah sel sperma yang dikeluarkan dipagi hari dimusim dingin biasanya akan dihasilkan lebih banyak jika dibandingkan disiang hari.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual subuh atau pagi hari dimusim dingin untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Masa subur pria di negara yang memiliki empat musim berkisar sekitar hari ketiga hingga hari ketujuh diawal musim dingin.

Sedangkan masa subur pria di daerah tropis seperti Indonesia bisa berlangsung saat subuh hingga pagi hari dimana suhu udara terbilang masih sangat rendah terlebih saat musim hujan.

Biasanya sperma hasil ejakulasi dapat bertahan di dinding rahim wanita selama kurang lebih dari 2 hingga 3 hari, dan bahkan ada juga yang sampai satu minggu meski memang jarang terjadi.

Dengan kata lain jika sperma yang dikeluarkan semakin banyak, maka kemungkinannya masih bisa bertahan selama selang waktu tersebut juga akan semakin banyak sehingga akan memperbesar kemungkinan terjadinya proses pembuahan atau fertilisasi.

Sperma mulai diproduksi sejak seorang pria memasuki usia pubertasnya yaitu sekitar 12 hingga 13 tahun dan masih berlanjut hingga usia lanjut sekalipun, dalam arti hingga usia tua sekalipun para pria masih bisa memproduksi sperma yang kemungkinan besarnya dapat membuahi sel telur perempuan.

Hal yang paling mendasar untuk bisa mengetahui seorang pria sedang subur atau tidaknya adalah dengan memperhatikan kualitas sperma yang dihasilkannya.

Cara paling tepat untuk menentukan kualitas sperma memang dengan melakukan tes atau uji laboratorium terhadap sperma itu sendiri.

Uji laboratorium terhadap sperma tersebut meliputi volume, pH, warna, jumlah dan bentuk spermatozoa, gerak sperma, dan bahkan hingga baunya.

Sebenarnya ada cara paling mudah mengetahui masa subur pria yaitu dengan menggunakan kalkulator masa subur pria yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Baca juga: 3 Makanan Khas Malang Yang Maknyus

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Perbedaan CV dan Cover Letter Dari Segi Pengertian?

Perbedaan CV dan cover letter dapat terlihat dari pengertiannya. Bagaimana kedua pengertian surat tersebut berbeda? Inilah poin pentingnya: Pengertian Curriculum Vitae Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memuat tentang biodata Anda. Termasuk daftar lengkap pendidikan serta tambahan pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika Anda mengirim  curriculum vitae via e-mail, maka Anda harus melampirkan foto formal terbaru. Pengertian Surat Pengantar Surat pengantar adalah sebuah surat yang digunakan untuk mengantar dokumen curriculum vitae atau resume. Surat pengantar dapat Anda kirimkan untuk melamar suatu posisi tertentu. surat pengantar memuat deskripsi berkenaan motivasi Anda melamar sebuah lowongan khusus. Di samping itu juga memuat alasan mengapa Anda perlu menjadi kandidat yang terpilih untuk posisi tersebut. Tujuan Curriculum Vitae Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen paling utama yang wajib anda siapkan ketika ingin melamar kerja, magang hingg

Mengetahui Makna dari Doa dan Waktu Mustajab

Suanetizen.com - Doa memiliki pengertian sebagai ibadah yang hakiki karena ketika berdoa menunjukkan kepasrahan diri kepada Allah Swt. dan tidak paling dari Nya. Dengan berdoa kita akan senantiasa mengingat keterbatasan diri. berdoa juga menjadi kebutuhan rohani agar diri ini tenang dan selalu mengingat sang pencipta. Terdapat waktu mustajab dalam berdoa agar doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah. Selain itu, berdoa memiliki berbagai makna jika melakukannya dengan tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut adalah ulasan mengenai makna dari berdoa yang perlu Kamu ketahui. Makna Doa dalam Al-Qur’an  1. Doa sebagai Ibadah Berdoa bisa dinilai menjadi sebuah ibadah, karena ketika berdoa seseorang telah mengakui kehambaan dirinya di hadapan Allah Swt. Ibnu Manzur yang dikutip oleh Baiquni berpendapat jika dalam Q.S Al-A’raf [7]:194 berdoa memiliki makna sebagai ibadah. Allah Swt. menentang orang-orang yang menyembah selain Allah, karena mereka menyembah berhala yang tidak dapat memb

Tips Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama dan Rasanya Tetap Nikmat

Suanetizen.com -  Apa menu makanan Anda hari ini? Rasanya memasak resep rendang padang bisa mejadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan harian. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, rendang juga tahan lama, sehingga cocok dimakan lagi untuk menu sahur bahkan tahan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya memasak rendang tidak hanya dalam jumlah sedikit, tetapi dalam jumlah banyak. Apalagi pada saat hari raya atau hajatan lainya. Dengan begitu, sisa rendang bisa disimpan dalam lemari kulkas untuk makan di hari berikutnya.  Dalam sejarahnya, rendang memang dibuat oleh orang Minang sebagai bekal merantau yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Maka dari itu, rendang dipilih sebagai bekal makanan sebab bisa lebih tahan lama. Rendang yang tahan lama ini tak terlepas dari bumbu rempahnya yang kaya ditambah proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam sehingga mampu emnghasilkan daging rendang yang legit, enak dan konsistensinya lembut.  Tips menyimpan daging rendang padang